Monday, March 23, 2020

Cara Alami Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara Alami Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi - Masalah perut kembung memang sudah biasa di alami oleh setiap orang, tak terkecuali pada bayi sekalipun. Bayi mengalami perut kembung memang sudah menjadi hal yang wajar, namun wajib segera di tangani atau diatasi sebab ditakutkan jika tak segera diatasi nantinya akan makin parah. Pada dasarnya bayi memang mudah terkena perut kembung sebab organ pencernaan bayi memang masih belum sempurna atau masih dalam tahap perkembangan, oleh sebab itu udara atau gas mudah masuk kedalam perut bayi serta menyebabkan bayi mengalami perut kembung.


Cara Alami Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi



Posisi bayi pada saat menyusu pada ibu.
Susu formula yang mengandung laktosa.
Bayi yang sudah lapar namun tak segera disusui.
Makanan yang dikonsumsi oleh bayi.
Makanan yang dikonsumsi oleh ibu.

Namun bagaimana tutorial untuk mengetahui jika bayi terkena perut kembung? Caranya cukup mudah, bayi yang terkena perut kembung cenderung akan merasa tak nyaman, menjadi lebih rewel dair biasanya serta menangis dalam jangka waktu yang lama. Namun tak selamanya bayi yang menangis serta rewel setiap saat pasti mengalami perut kembung. Biasanya bayi yang mengalami perut kembung akan menangis serta rewel sesudah makan, serta dapatnya mereka akan menarik-narik kaki sambil menangis. Hal ini dilakukan oleh bayi sebab bayi merasa tak nyaman pada tahap perut mereka.
Lalu hal apa saja yang menyebabkan bayi mengalami perut kembung?

Perut kembung sendiri dapat dikarenakan sebab berbagai hal, dapat dari dari makanan, susu maupun posisi bayi pada saat menyusu pada ibu. Berikut ini berbagai hal yang dapat menyebabkan bayi mengalami perut kembung, antara lain:


Menangis

Pada saat menangis, bayi cenderung akan membuka mulut mereka serta hal ini akan membuat ketidak sedikitan udara masuk kedalam pencernaan melalui mulut. Terlebih lagi jika bayi kalian menangis dalam jangka waktu yang lama, hal ini sangat berpotensi menyebabkan perut kembung pada bayi anda.


Lubang pada botol susu atau dot

Biasanya orang tua yang memshare susu formula pada bayinya maka mereka akan menggunakan botol susu atau dot bayi sebagai media untuk bayi meminum susu. Pastikan agar kalian member lubang yang cukup pada ujung dot agar bayi kalian tak kesulitan pada saat minum susu dari dot, ukuran lubang dot yang kecil akan membuat ketidak sedikitan udara masuk ke dalam perut bayi. Namun perlu dicatat juga, jangan sampai member lubang dot yang terlalu besar juga, berilah lubang dot yang cukup untuk bayi kalian minum.


Makan dengan cepat

Jika bayi kalian sudah mulai belajar mengkonsumsi makan padat maka kalian wajib mendampingi bayi anda, serta memastikan agar ia tak memakan makanan dengan cepat. Sebab hal ini dapat membuat ketidak sedikitan udara atau gas masuk ke dalam perut bayi serta membuat bayi mengalami perut kembung.

Posisi bayi saat menyusu pada ibu

Posisi bayi pada saat menyusu pada ibu juga perlu untuk diperhatikan, posisi yang salah justru akan membuat lebih ketidak sedikitan udara masuk ke dalam pencernaan bayi serta jika udara ini tak dapat keluar maka akan menyebabkan perut kembung. Pastikan posisi kepala bayi kalian lebih tinggi saat ia sedang menyusu.


Makanan yang dikonsumsi oleh ibu

Jika bayi kalian masih menyusu pada ibunya, maka kalian wajib memperhatikan makanan yang kalian konsumsi. Sebab jika kalian masih menyusui bayi anda, maka berbagai kandungan dari makanan yang kalian konsumsi akan tercampur ke dalam ASI.
Cara Alami Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
Jika bayi kalian mengalami perut kembung, kalian tak perlu khawatir berikut ini kami memiliki berbagai treatment serta tutorial alami untuk mengatasinya. Tutorial berikut ini sangat mudah untuk kalian coba dirumah, serta lebih efektif serta lebih aman untuk bayi anda.

Bersendawa sesudah makan

Cara alami yang pertama yang dapat kalian lakukan jika bayi kalian mengalami perut kembung yaitu dengan membuat bayi kalian bersendawa sesudah makan. Sebab pada saat makan bayi juga akan menelan udara pada saatt bersamaan, dengan bersendawa makan udara atau gas yang terjebak di dalam perut bayi dapat segera keluar. Caranya yaitu dengan menepuk pelan-pelan pundak bayi kalian sesudah makan, serta usahakan agar bayi kalian dalam posisi duduk tegak jangan sampi berbaring.


Gerakkan kaki bayi anda

Cara alami untuk mengatai perut kembung pada bayi yang berikutnya yaitu dengan membaringkan bayi kalian dalam posisi telentang. Kemudian pijat lembut telapak kakinya, serta gerakkan kakinya perlahan-lahan seperti gerakkan kaki saat mengayuh sepeda. Tutorial ini memang sangat efektif untuk mengeluarkan gas dari perut bayi, serta untuk membuat bayi merasa lebih nyaman kalian dapat melakukan tutorial ini sambil bernyanyi.


Memijat dengan minyak mustar

Minyak mustar merupakan minyak yang berasalah dari biji tanaman yang dihaluskan, serta tergolong sebagai rempah-rempah. Minyak mustar sendiri mampu memshare rasa nyaman serta hangat pada bayi, serta dapat meredakan perut kembung. Caranya yakni dengan memijat tubuh bayi kalian dengan menggunakan minyak mustar. Tak hanya dapat meredakan perut kembung, minyak mustar juga dapat menjaga kesehatan kulit bayi.

Menggunakan handuk hangat

Cara yang satu ini tergolong tutorial yang sangat mudah sebab hanya menggunakan handuk serta air panas saja. Caranya yaitu dengan menyiapkan handuk yang berbahan dari katun yang lembut, kemudian celupkan handuk tersebut ke dalam air hangat serta peras sampai handuk agak kering. Kemudian letakkan handuk tersebut pada perut bayi, hal ini akan membuat bayi merasa lebih nyaman. Pastikan agar suhu handuk tak terlalu panas, serta usahakan menggunakan air hangat bukan air panas.


Rebusan benih carom

Benih carom merupakan salah satu obat yang efektif untuk mengatasi perut kembung pada bayi berusia diatas 6 bulan. Caranya dengan merebus biji carom dengan air, lalu diamkan air rebusan tadi sampai dingin. Kemudian share air rebusan biji carom ini untuk bayi anda, konsumsi paling tak 2 kali sampai 3 kali sehari.

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah sekaligus obat herbal yang memang mampu mengobati beraneka ragam penyakit. Tak hanya berkegunaaan bagi orang dewasa, jahe juga berkegunaaan untuk mengobati perut kembung pada bayi. Caranya cukup mudah yakni dengan menambahkan jahe pada makanan bayi anda. Jahe berkegunaaan untuk mengurangi gas pada perut serta memshare rasa hangat serta nyaman pada bayi.


Jintan

Kandungan senyawa tymol pada jintan dapat memicu pankreas untuk menghasilkan enzim pencernaan, sehingga akan mengurangi kadar udara atau gas di dalam perut bayi. Caranya yakni dengan mencampurkan ½ sendok the jintan dengan segelas air mendidih, share campuran air jintan ini pada bayi dengan tutorial berkala.


Kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan oleh ibu-ibu dalam memasak. Namun tak hanya itu kapulaga juga berkegunaaan untuk mengatasi perut kembung bayi, kandungan kalium, mineral, kalsium, magnesium, zat besi serta vitamin  C dalam kapulaga sangat efektif untuk mengatasi perut kembung serta membantu proses pencernaan.


Asafoetida

Asafoetida memang sering kali dikegunaaankan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi beraneka ragam penyakit. Serta asafetida juga sangat berkegunaaan untuk mengatasi perut kembung bayi, caranya ambil sejumput asafoetida serta larutkan dengan air hangat sampai menjadi pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada tahap perut bayi.

Bayi memang sangat rentan terkena beraneka ragam penyakit sebab mereka masih dalam masa pertumbuhan, serta sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua untuk menjaga bayinya sampai ia tumbuh dewasa. Semoga artikel dari kami ini berkegunaaan untuk anda.

No comments:

Post a Comment